Senin, 23 Juni 2014

RUDRAKSHA (Genitri)

Selama ribuan tahun, rudraksha banyak dipakai oleh para Yogi di India & Himalaya untuk pencerahan & pembebasan. Rudraksha juga banyak digunakan dalam bidang kesehatan di berbagai obat-obatan Ayurweda. Dalam bidang keagamaan, rudraksha bukan hanya sebagai alat “hitung” dalam berdoa sebagaimana tasbih bagi kaum Muslim atau rosario bagi umat Nasrani. Melainkan juga sebagai sarana untuk meremajakan pikiran ,tubuh dan jiwa. Sehingga kualitas hidup secara keseluruhan dapat ditingkatkan.

Menurut hasil penelitian Dr Suhas Roy Benaras Hindu University India tahun 1993, sifat Bioelektrokimia pada biji rudraksha dapat mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung dan merangsang sistem otak pusat. Hasilnya akan timbul perasaan tenang, damai dan berpikiran positif.

Melalui riset Institut Teknologi India, biji rudraksha memiliki nilai spesifik gravitasi sebesar 1,2 dengan pH 4,48. Saat digunakan untuk berdoa, misalnya, rudraksha memiliki daya elektromagnetik sebesar 10.000 gauss pada keseimbangan Faraday, dari hasil konduksi elektron alkalin. Karena itulah rudraksha dipercaya dapat mengontrol tekanan darah, stres, serta berbagai penyakit mental.

Biji rudraksha dipercaya dapat menyembuhkan epilepsi, asma, hipertensi, radang sendi, dan penyakit hati. Biji rudraksha berkhasiat saat dikalungkan di leher ataupun diminum air rendaman/rebusannya. Biji rudraksha direndam semalam lalu diminum saat perut kosong. Bila disertai dengan mengalungkan rudraksha di leher, dalam 7 hari terbukti efektif meredam hipertensi, memastikan sirkulasi darah yang ideal untuk tubuh dan menghasilkan perasaan tenang dan damai. Rudraksha juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bakteri, kanker, dan pembengkakan/radang. Glikosida, teroid, alkaloid, dan flavonoid yang terkandung dalam rudraksha dapat melindungi paru-paru.

Hasil riset AB Ray dari Departement of Medicinal Chemistry, Banaras Hindu University India menunjukkan bahwa senyawa alkaloid yang terkandung dalam rudraksha antara lain : pseudoepi-isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarpine, isoelaeocarpine, dan elaeocarpiline memiliki khasiat untuk meluruhkan lemak badan. Caranya, 25 gram biji rudraksha kering, dicuci dan direbus dalam 1 gelas air sampai air rebusan tersisa separuh. Setelah air rebusan dingin, saring, lalu minum sekaligus.

Setiap mukhi/muka biji rudraksha dipercaya memiliki manfaat spesifik dan kekuatan khusus dalam mengubah cara pandang dan kepribadian seseorang. Sifat elektromagnetik yang kuat, paramagnetik dan sifat induktif yang dimiliki rudraksha, dapat menimbulkan impuls listrik dikirim ke otak merangsang pusat otak tertentu yang menyebabkan transformasi positif dalam cara pandangan, kharisma, kepribadian, dan kepercayaan diri pada para pemakai biji rudraksha.

Dalam budaya timur, biji rudraksha ini diyakini memiliki kekuatan spiritual & supranatural. Jadi, biji rudraksha memiliki keajaiban membantu menjalani hidup dengan lebih baik secara jasmani maupun rohani.



Rudraksa-sebutan ganitri di India-tanaman setinggi 25-30 m dengan batang tegak dan bulat berwarna cokelat. Sepanjang tepi daunnya bergerigi dan meruncing di bagian ujung. Dalam bahasa India, rudraksa berasal dari kata rudra berarti Dewa Siwa dan aksa berarti mata. Sehingga arti keseluruhan: mata Siwa. Sesuai namanya, orang Hindu meyakini rudraksa sebagai air mata Dewa yang menitik ke bumi. Tetesan air mata itu tumbuh menjadi pohon rudraksa.

Di Indonesia, biji titisan Dewa Siwa itu populer dengan nama ganitri, genitri, atau jenitri. 'Indonesia paling banyak produksinya di dunia,' kata Yana Sumarna, peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor. Pohon Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor. Indonesia memasok 70% kebutuhan ganitri yang diekspor dalam bentuk butiran biji. Sebanyak

Konon Biji-biji ganitri keras dan awet, bisa digunakan untuk 8 generasi. Kecuali ukuran, setiap biji memiliki ciri tersentiri. Disebut  Mukhi/Muka/Face. Jumlahnya bervariasi mulai dari 1 hingga 21 mukhi yang memiliki perbedaan arti dan manfaatnya.
Berikut cara membedakan atau membaca Mukhi dari masing-masing biji Rudraksha,



Dan berikut dipaparkan manfaat dan arti tiap mukhi pada Rudraksha


Mukhi
Wujud
Peruntukan
1
Siwa
Kebahagiaan & Pembebasan
2
Siwa Parwati
Terpenuhi Segala Keinginan & Kedamaian
3
Agni
Keselamatan & Religius
4
Brahma
Kreativitas & Kecerdasan
5
Panca Brahma
Perlindungan,Kebahagiaan & Peleburan dosa
6
Karttikeya
Kemakmuran,Ketenaran & Kekuatan
7
Lakshmi
Kesehatan & Kemakmuran
8
Ganesha
Panjang umur & Kebijaksanaan
9
Dhurga
Karunia Nawasakti/sembilan kekuatan (protection,dinamism)
10
Wisnu
Kedamaian & Perlindungan
11
Rudra
Kekuatan Fisik/Mental & Kemenangan
12
Raditya
Dihormati & Ketenaran
13
Wiswadewa
Keberuntungan & Kebajikan
14
Siwa
Mengaktifkan Mata Ketiga & meningkatkan intuisi
15
Pasupati
Meningkatkan intuisi & ide
16
Rama
Keselamatan rumah dari Kebakaran,Pencurian & Perampokan
17
Wiswakarma
Keberuntukan dalam Investasi & Properti
18
Pertiwi
Kebahagiaan & Kesehatan wanita hamil
19
Narayana
Terbebas dari Kesulitan ekonomi
20
Brahma
Spiritual & Penglihatan
21
Kuwera
Kemakmuran & Keberuntungan

Unique Mukhi Rudraksha
Garb Gauri
Utk wanita yg ingin punya anak & melahirkan dan keharmonisan keluarga
Gauri Shankar
Utk keharmonisan keluarga (dikenakan oleh laki-laki)
Ganesha
Utk kesuksesan dlm kerjasama dan kebijaksanaan
Trijuti
For good Health & Wealth.
Improves the power of mind.
Useful tool in leadership and achieving total success.
-          Karunia Brahma, Wisnu & Maheswara


 
Berikut Mukhi sesuai dengan zodiak & pengaturan keuangan
Zodiac
Mukhi utk Rasi / Zodiac
Mukhi utk Keuangan
Aries / Mesha
3
3 & 5
Taurus / Vrisabha
6
4 & 7
Gemini / Mithun
4
4 & 6
Cancer / Karka
2
3 & 2
Leo / Sinh
1 atau 12
12 & 3
Virgo / Kanya
4
4 & 6
Libra / Tula
6
6 & 7
Scorpio / Vrishcika
3
5 & 2
Sgitarius / Dhanu
5
5 & 12
Capricorn / Makar
7
6 & 7
Aquarius / Kumbha
7
6 & 7
Pisces / Meena
5
5 & 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar